No comments yet

Diskusi Pengelolaan Informasi Pesantren di Tengah Arus Radikalisasi Agama dan Peluncuran Portal SuaraIslam.net

Diskusi “Pengelolaan Informasi Pesantren di Tengah Arus Radikalisasi Agama”
dan Peluncuran Portal SuaraIslam.net

Penyelenggara: Infest Yogyakarta
Kontak Person : Osman M, Aly (081227883654)
Pembicara :
1. Nur Khalik Ridwan (Penulis Trilogi Wahabisme)
2. KH. Jazilus Sakho’, M.A (Salah Satu Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Pandanaran)
3. Muhammad Irsyadul Ibad, Sy (Direktur infest Yogyakarta)

Penyebaran radikalisme agama  kini telah merambah ke arah penggunaan media yang massif. sebagai contoh, cobalah mencari kata kunci tertentu, seperti jihad, menggunakan mesin pencari di internet! Dengan mudah Anda akan memperoleh penjelasan kata tersebut dari perspektif Muslim radikal. Ragam dan kuantitas ketersediaan informasi yang dikelola oleh kelompok radikal menunjukkan tingkat literasi dan kesadaran yang tinggi akan pentingnya penggunaan media untuk propaganda pada kelompok ini.

Pada lain sisi, kelompok muslim moderat yang direpresentasikan oleh pesantren selalu mengalami hambatan dalam pengelolaan informasi. kekayaan khazanah Islam yang dikelola dan dimiliki pesantren kurang memiliki ruang untuk dapat disebarluaskan dengan keterbatasan kapasitas pesantren.

Sejak tahun 2010, infest meluncurkan sebuah portal komunitas dengan alamat http://suaraislam.net sebagai saluran informasi dunia islam untuk mengimbangi pengelolaan informasi yang disediakan oleh beberapa gerakan Muslim radikal. Portal berbasis komunitas ini akan diisi oleh kontributor-kontributor yang berasal dari jaringan pesantren.

Diskusi akan diarahkan untuk memperbincangkan tantangan radikalisme agama terhada proses demokratisasi Indonesia, peluang pesantren untuk ambil bagian dalam kampanye Islam moderat, serta peluncuran portal komunitas Suaraislam.net.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.