Aplikasi Mitra Desa

Mitra Desa adalah aplikasi sistem informasi desa. Aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk mendukung pemerintah desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang mudah, cepat dan transparan. Aplikasi ini merupakan sebuah terobosan baru bagi desa untuk mengelola administrasi, data dan proses pelayanan masyarakat secara cepat dan tepat.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Infest Yogyakarta sejak tahun 2011. Sejarah aplikasi Mitra Desa terkait dengan upaya infest dalam advokasi isu migrasi ketenagakerjaan. Infest memandang bahwa dalam proses migrasi ketenagakerjaan membutuhkan keterlibatan pemerintah desa. Mengacu pada pengalaman tersebut, infest mencoba mengembangkan aplikasi yang dapat mendokumentasikan migrasi ketenagakerjaan dari desa.

Kebutuhan pendokumentasian tersebut menghantarkan Infest Yogyakarta pada penyusunan aplikasi sistem informasi desa yang bertujuan untuk memudahkan pemerintah desa sekaligus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi ini kini telah mencapai versi 2.1.x yang memuat beberapa fitur, antara lain:

  1. Pengelolaan data dan administrasi penduduk desa;
  2. Pengelolaan pelayanan surat menyurat pemerintah desa;
  3. Penyusunan dan penyajian profil desa;
  4. Penyajian data kemiskinan di tingkat desa;
  5. Tata kelola peristiwa kependudukan (Lahir, Mati, Pindah dan Migrasi Tenaga Kerja ke luar negeri);
  6. Pendataan Aset Desa
  7. Penyajian Statistik
  8. Pengelolaan data Keuangan Desa Partisipatif (Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan, Pelaporan)
  9. Survei Terbuka
  10. Integrasi data keuangan desa ke aplikasi pihak ketiga/penghubung atau middleware. Middleware ini bisa dipasang pada sisi server kabupaten untuk mengumpulkan data keuangan desa.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pemerintah desa untuk memperbaiki standar dan kualitas pelayanan publik di level desa. Kunjungi lama Mitra Desa https://www.mitradesa.id untuk info lebih lengkap.