No comments yet

Infest Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga di Bantul

BANTUL. Bekerjasama dengan Forum Warga Bantul,  infest menggelar kegiatan pelatihan jurnalisme warga (24/05/09) yang bertempat di Desa Wonolelo. Kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan penguatan kapasitas dalam rangka pembangunan sistem informasi warga (SIWA), diikuti oleh 15 orang peserta dari beberapa kecamatan di wilayah Bantul.

Berbeda dengan minggu sebelumnya, kegiatan ini lebih terfokus pada penguasaan teknik-teknik jurnalisme warga. Kegiatan yang berlangsung sederhana dan meriah ini juga diselipi dengan materi pemetaan persoalan pedesaan dan penulisan berita.Capaiannya cukup lumayan, dari satu pelatihan tak kurang 10 informasi seputar daerah masing-masing peserta terbukukan.

“Kemampuan jurnalisme warga kami jadikan sebagai pendukung pendekatan mengenal desa sendiri (MDS)”, tutur Rijal Abdillah, salah satu fasilitator pelatihan ini. “Kami berharap dengan penguasaan jurnalisme warga, warga menjadi berani untuk menyuarakan persoalan-persoalan secara lebih terbuka sebagai bagian dari proses demokratisasi yang dimulai dari desa,” tambahnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembuatan berita. Para peserta secara sendiri-sendiri diminta untukmembuat satu contoh berita seputar hal-hal yang ada di kampung masing-masing. Hasil berita yang beragam ini akan digunakan sebagai bahan pelatihan selanjutnya yang akan lebih dikhususkan pada materi penggunaan intternet sebagai saluran informasi warga (31/05/2009).

Post a comment

You must be logged in to post a comment.